CARA MELUKIS Kaligrafi KONTEMPORER

kaligrafi79, adalah jasa kaligrafi yang bergerak dalam bidang dsain interior exterior, di sisi lain juga menerima jasa kursus dan privat pelajaran menulis dan melukis kaligrafi, [ lukis tradisional atau lukis kontemporer].

sedikit akan kami paparkan cara melukis kaligrafi kontemporer texture [ yaitu lukisan timbul]. sebelum melukis kita siapin alat-alat sebagai berikut:

1.kanvas, yang sudah di pasang spanram/di bentang.

2.Cat, menggunakan cat acrilyc [ cat campuran air].

3.Kuas, disni bisa menggunakan macam-macam kuas, dari yang lebar sampai yang berukuran kecil.

4.Kertas karbot/ duplex.

5.talk/cinguit, kalau gak ada pakai semen putih.

6.Lem kayu/putih.

7.pisau Catter dan gunting. dan alat tulis kaligrafi [pencil, penghapus, kalam, dan tinta].

8.pisau palet.

9.Palet.

jangan lupa siapkan air dan lap secukupnya, setelah semua siap mulai kita melukis, go….

ada baiknya sebelum melukis kita membuat dsain lukisan atau pemilihan tema dan ayat /hadist, supaya jadinya sesuai dengan yang kita inginkan.

langkah pertama kita ambil kertas, membuat sket tulisan misalkan yang akan kita tulis lafad ALLAH, memakai pencil, kemudian di tebalkan dengan kalam yang sudah kita sesuaikan ukurannya dengan ruang kanvas.

satelah selesai membuat sket, kemudian di potong sketsanya sesuai denagn pola tulisan yang kita gores menggunakan pisau catter/gunting, jangan lupa hati-hati jangan sampai hurufnya terpotong dan berantakan.

langkah berikutnya kita siapkan Talk/cingkuit di campur lem putih dan air, kira-kira kadarnya pulen [jangan terlalu lembek atau kental], supaya dalam mengaplikasinya lebih enak dan cepat kering, setelah siap adonannya, segera kita tuang dengan menggunakan pisau palet, kita oles-oles pada permukaan kanvas, sesuaikan dengan desain  yang telah kita tentukan.

kemudian kita keringkan sebelum menempelkan huruf yang telah di potong, setelah kering tulisan nya di tempel di atas permukaan kanvas yang di lumuru talk/cingkuit, jangan sampai adan yang ketinggalan hurufnya, setelah semua huruf di tempel kita lumurin lagi huruf tersebut dengan talk/cingkuit usahakan  tertutup merata, sampa tidak keliahatan kertasnya, lalu di keringkan supaya kuat ketika di warnain nantinya.

 

pada bagian akhir kita tinggal memberi warna pada kanvas yang telah kita tempel hurufnya, janagn lupa di siapkan warna-warna yang kita inginkan, ambil kuas dan mengaplikansikannya ke dalam media sesuai selera, ada cara yang berbeda di dalam mewarnai lukisan texture.

pertama media kanvas di basahin merata pada bagian yang bertexture menggunakan kuas besar, dengan posisi terlentang supaya airnya tidak tumpah, kemudian kita ambil warna yang kita sukai di aduk encer, di kuaskan pelan-pelan dan biarkan catnya mencari jalan sendiri mengikuti alur texturnya.

dalam tahap ini lukisan sudah mempunyai warna beground selanjutnya tinngal mewarnai hurufnya sesuaikan dengan begroundnya, misal beground gelap tulisannya warna terang begitu sebaliknya.

contoh karya yang sudah selesai:

Untuk melihat karya yang lain, lihat karya-karya ane di http://kaligrafi79.blogspot.com/p/lukisan-kaligrafi.html